Klasifikasi Tanaman Bengkoang

Klasifikasi Tanaman Bengkoang Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini klasifikasi tanaman akan berbagi artikel mengenai klasifikasi tanaman Bengkoang. Bengkoang (Pacchyrrizus erosus) memiliki Umbi akar tunggal, kulit luar krem atau coklat muda atau coklat tua, berdaging warna putih atau kuning-keputihan; pada bentuk liarnya berumbi banyak, bentuknya memanjang. Daun majemuk, beranak daun 3; helaian daun bercuping menjari atau utuh dengan tepi bergigi; anak daun lateral mengetupat tidak simetris sampai membundar telur, anak daun terminal mengginjal. Perbungaan tandan semu, berbunga banyak. Bunga berkelopak coklat, mahkota bunga ungu-biru atau putih. Buah polong. Biji pipih bersegi - membundar , berwana hijau- coklat atau coklat tua kemerahan.
Klasifikasi
  • Kingdom : Plantae (tumbuhan)
  • Divisio : Magnoliophyta (berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (dikotil)
  • Ordo : Fabales
  • Familia : Fabaceae (polong-polongan)
  • Genus : Pachyrrhizus
  • Species : Pachyrrhizus erosus
Sistem perakaran pada tanaman bengkoang yaitu sistem perakaran serabut dan bentuk akar dari bengkuang (Pachyrrizus erosus) adalah berbentuk gasing (napiformis) pangkal akar besar membulat, cabang akar berupa serabut akar yang hanya terdapat pada ujung akar yang sempit meruncing. akar digunakan sebagai tempat menyimpan makanan cadangan. Biasanya, akar pada tumbuhan ini akan membesar seiring banyaknya makanan cadangan yang tersimpan.
Batang . batang dari bengkoang yaitu lunak dan berair (herbaceous) .Batang tumbuh tegak lurus (erectus) dengan percabangannya monopodial.
Daun  termasuk daun tidak lengkap, termasuk daun majemuk beranak daun tiga, tepi daunnya bergigi Bunga . bunganya termasuk bunga tandan semu, berbunga banyak. Bunga berkelopak coklat, mahkota bunga ungu-biru atau putih.
Biji. Biji pipih bersegi – membundar , berwana hijau- coklat atau coklat tua kemerahan.
Umbi. Tumbuhan ini membentuk umbi akar (cormus) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Berbentuk bulat atau membulat seperti gasing dengan berat dapat mencapai 5 kg. Kulit umbinya tipis berwarna kuning pucat dan bagian dalamnya berwarna putih.
Tumbuhan bengkoang (Pachyrrizus erosus) merupakan tumbuhan dikotil herbaceous yang memiliki umbi yaitu umbi akar yang merupakan modifikasi dari akar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan selain itu akar dari bengkoang (Pachyrrizus erosus) memiliki bentuk gasing (napiformis).[kt]