Klasifikasi Tanaman Kentang

Klasifikasi Tanaman Kentang Kentang, yang memiliki nama latin Solanum tuberosum L. merupakan sebuah tanaman dari suku Solanaceae yang mempunyai umbi batang yang bisa dikonsumsi dan disebut dengan kentang juga. Umbi kentang saat ini sudah jadi salah satu makanan pokok yang penting di Eropa meskipun pada mulanya didatangkan dari daerah Amerika Selatan.  Tumbuhan kentang ini berasal dari Amerika Selatan dan sudah dibudidayakan oleh para penduduk di sana sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman ini adalah herba, alias tanaman pendek dan tidak memiliki kayu, semusim dan sangat suka dengan iklim yang sejuk. Kentang ini juga sangat cocok untuk ditanam di dataran tinggi serta di daerah yang beriklim tropis. Bunga dari tanaman kentang ini sempurna dan tersusuk secara majemuk. Ukurannya pun cukuplah besar, dan memiliki diameter rata-rata sekitar 3 cm. warna dari bunga kentang ini adalah ungu sampai denga putih.

Klasifikasi Tanaman Kentang
  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Upkelas : Asteridae
  • Ordo: Solanales
  • Famili : Solanaceae
  • Genus: Solanum
  • Spesies: S. ruberosum
Kentang juga merupakan tumbuhan dikotil dengan sifat semusim dan memiliki bentuk semak alias herba. Batangnya yang ada di atas permukaan tanah memiliki warna antara lain hijau, kemerahan, ataupun ungu tua. Namun demikian, warna dari batang ini juga dapat dipengaruhi oleh usia dari tanaman itu sendiri dan juga keadaan dari lingkungannya. Pada tingkat kesuburan tanah yang lebih baik ataupun lebih kering, pada umumnya warna dari batang tumbuhan yang lebih tua akan jauh lebih mencolok warnanya, alias berwarna yang terang bukan warna gelap. Di bagian bawah dari batang itu bisa berkayu. Sementara itu untuk batang tanaman yang masih muda tak berkayu sehingga tak terlalu kuat untuk menopang tumbuhan itu sendiri dan mudah roboh.
Seperti yang telah diketahui bahwa kentang merupakan sebuah bahan masakan yang sangat digemari oleh hampir seluruh orang di penjuru dunia ini. Bahkan di sejumlah daerah, ada yang menjadikan kentang ini sebagai makanan pokok mereka. Selain itu, kentang juga kaya akan kandungan Vitamin B, vitamin C, dan juga beberapa vitamin A yang sangat baik untuk mata kita. Kentang yang juga menjadi sumber karbohidrat yang penting, di Indonesia ini, masih dinilai sebagai sebuah sayuran yang mewah sebab harganya yang melambung tinggi melebihi sayuran yang lainnya.[kt]