Klasifikasi Tanaman Tomat

Klasifikasi Tanaman Tomat - Tomat merupakan jenis sayuran buah yang sangat populer dikonsumsi baik buah segar, sebagai salad maupun dikonsumsi dalam bentuk jus tomat. Tapi tahukah Anda apa nama latin tomat? Jika jawaban Anda tidak tahu, pada artikel ini akan dibahas mengenai nama latin dan sedikit informasi tentang buah tomat.
Tomat merupakan tanaman perdu dengan tinggi berkisar 1-3 meter yang berasal dari Amerika Tengah, Selatan, Peru dan Meksiko. Berdasarkan catatan yang ada, diperkirakan tomat disebarkan oleh pelaut Spanyol ke koloninya di kepulauan karibia, Filipina kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tomat umumnya berumur pendek (kurang dari satu tahun) dan biasanya akan mati layu setelah dipanen.  Nama latin dari tomat adalah : Solanum lycopersicum L.     sinonim     Lycopersicon esculentum Miller.
Klasifikasi Tanaman Tomat
Berikut ini klasifikasi tanaman tomat secara lengkap :
  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Asteridae
  • Ordo: Solanales
  • Famili: Solanaceae (suku terung-terungan)
  • Genus: Solanum
  • Spesies: Solanum lycopersicum L
Manfaat Tomat
Ada berbagai penelitian di seluruh dunia pada khususnya bahan dari tomat dan sifat-sifatnya untuk menurunkan risiko kanker didokumentasikan dengan baik ini bahan tertentu dari tomat yang terbaik untuk prostat, paru-paru, dan kanker perut.  lycopene juga muncul untuk melindungi hati dan paru-paru terhadap kerusakan oksidatif juga, dalam sebuah penelitian, di sebuah universitas di Toronto menemukan bahwa mengkonsumsi beberapa porsi jus tomat sekali setiap hari dalam seminggu akan sendirinya menghentikan beberapa kerusakan protein tertentu dalam tubuh, beberapa studi lainnya di Eropa menyatakan bahwa mungkin menghentikan terjadinya serangan jantung.
Sayuran memiliki zat di dalamnya yang dikenal sebagai fitokimia, bahan kimia ini memiliki sifat antioksidan yang brilian dan mencegah tubuh Anda dari mendapatkan berbagai penyakit.  Ini juga mengapa penting untuk memiliki banyak sayuran dalam diet Anda karena kandungan mineral dan juga sifat dalam makanan
Dua dari manfaat tomat yang dikenal untuk kesehatan adalah - penurunan penyakit jantung dan berbagai kanker. Kandungan lycopene dalam tomat mencegah terhadap sinar UV yang berbahaya. Tomat juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan tulang. Tomat kaya akan vitamin dan mineral. Isi vitamin C membantu dalam mencegah kerusakan pada sel-sel, pembuluh darah dll Karena kandungan asam nikotinat mereka membantu perokok kebiasaan menyingkirkan kebiasaan merokok.
Inklusi mereka dalam kebiasaan makanan sehari-hari berperan dalam mengurangi kanker terutama pada saluran pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, bangsal dari banyak penyakit dan mengurangi risiko stroke jantung pada multifold. Kaya warna merah tidak kebetulan. Hal ini disebabkan keberadaan lycopene-rantai terbuka jenuh karotenoid. Lycopene merupakan salah satu antioksidan yang sangat efektif penyerapan dalam sel-sel tubuh yang maksimal. Ini telah membantu memberikan kekuatan kepada fungsi paru-paru,, pankreas usus hati, dan kelenjar prostat. Antioksidan mempertahankan kemudaan dengan cara mempertahankan integritas sel. Mereka melakukannya dengan menangkap radikal oksigen bebas dibebaskan dari makanan yang teroksidasi dalam sel. Oksigen radikal bebas yang mampu berikutnya kerusakan pada sel-sel tetangga.
Hal ini tidak hanya tomat, tetapi juga makanan tomat berbasis seperti saus, ketchups dan jus yang bernilai gizi banyak. Bahkan beta karoten dan antioksidan dikalikan dalam kasus saus tomat / saus dan jus karena lycopene terkonsentrasi di dalamnya.
Tomat adalah zat alami dan membantu mengurangi kolesterol darah dan trigliserida serum. Mereka mengandung vitamin K dan membantu mencegah perdarahan dan pembekuan darah. Ini membantu penipisan darah. Selain tomat yang diperkaya dengan Vitamin tipe A, C, tiamin, niasin, asam folat, kalsium, zat besi, kalium dan flavonoid berbagai. Selain dengan Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan, tomat yang kaya akan kalori ini dapat membantu penggunanya dalam pengurangan berat badan.
Lycopene mencegah terjadinya stroke jantung dan menjaga struktur kapiler utuh. Senyawa tak jenuh ini terbuka mencegah oksidasi low density lipoprotein dalam diet, juga disebut sebagai LDL atau kolesterol jahat yang mewujud secara eksternal dalam bentuk plak. Yang terakhir ini disimpan di sepanjang dinding bagian dalam arteri membuat mereka sempit, kaku sehingga menghambat aliran bebas darah dan dengan demikian menyebabkan stroke.
Studi penelitian menunjukkan wanita-wanita yang menambahkan tomat dan lycopene demikian tinggi dalam menu diet mereka memiliki risiko jauh lebih rendah terhadap kejadian kanker serviks dibandingkan dengan tingkat likopen rendah.
 Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang. Saking dekatnya di beberapa lokasi di Indonesia telah dikembangkan varian tanaman stek yang berakar kentang dan berbuah tomat. Sungguh kreatif .[kt]